Latest News

Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang Telah Gunakan Aplikasi Whatsapp

Kantor Imigrasi, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM telah meluncurkan layanan antrean pembuatan paspor dengan menggunakan handphone melalui aplikasi whatsapp di  26 kantor imigrasi. Dengan menggunakan cara ini dinilai sangat efektif dalam mengatasi praktik percaloan dan memangkas antrean yang selalu terjadi. Misalanya salah satu kantor imigrasi  yang berada di Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang, pemohon paspor tidak perlu lagi berdesakan dan menunggu lama. "Hanya dengan mendatangi langsung ke kantor imigrasi sesuai jadwal yang telah ditentukan melalui whatsapp,” jelas Slamet Waluyo, warga Kelapa Dua.

Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang Telah Gunakan Aplikasi Whatsapp

Waluyo bersama istri dan lima anaknya yang merupakan warga kelapa dua mengurus paspor untuk umrah. Ia lakukan dengan menggunakan layanan antrean lewat whatsapp untuk memperpanjang dan membuat paspor baru. "Menggunakan alplikasi Whatsapp caranya sangat mudah sekali, hanya dengan kirim nama, tanggal lahir dan hari layanan, kita akan segera mendapatkan balasan kode booking dan jam antrean lalu datang ke kantor Imigrasi sesuai dengan jadwal yang telah diberikan," papar Waluyo.

Lanjutnya Waluyo dan istrinya mendapatkan jadwal untuk dapat mendatangi Kantor Imigrasi pada Selasa 8 Agustus 2017 kemarin, pada pukul 13.00, sementara Waluyo anak-anaknya mendapatkan jadwal pada pukul 11.00 dan 12.00. "Datang langsung ke kantor Imigrasi lalu serahkan berkas, diproses dengan cepat tidak sampai 30 menit sudah selesai,"katanya.

Dengan menggunakan layanan antrean melalui aplikasi whatsapp ini juga membuat kantor layanan Imigrasi kini menjadi sepi karena tidak ada pemohon yang mengantre. Semua pemohon datang berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang yakni M. Tamin Satiawan mengungkapkan, bahwa jumlah pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang cukup tinggi. Pada setiap harinya terdapat sebanyak 250 pemohon paspor. "Kalau mendekati waktunya liburan bisa mencapai hinga 400 pemohon dalam seharinya dan seluruhnya kami layani sampai malam," terangnya.

Dengan menggunakan layanan lewat whatsapp saat ini, tutur Tamin, bagi masyarakat yang ingin membuat paspor baru atau perpanjang paspor dapat mendaftarkan diri dengan cara mengirimkan pesan ke nomor whatsapp Imigrasi Tangerang yaitu 08118119000. "Caranya mudah sekali, Ketik #nama#tanggal lahir#tanggal layanan# ke nomor whatsapp tersebut yakni 08118119000. Contohnya seperti ini #susi#12061991#17082017 lalu kirim ke 08118119000," jelas Tamin.

Setelah Anda telah mendaftarkan diri, nantinya tidak lama kemudian akan ada balasan dari imigrasi berupa nomor barcode sebagai kode booking. Nomor ini direplay untuk selanjutnya pemohon mendapatkan nomor antrean beserta dengan jadwal untuk datang langsung ke kantor Imigrasi. "Masyarakat yang ingin membuat paspor sudah tidak perlu lagi menunggu lama-lama, cukup hanya dengan mendaftar dari rumah dan datang sesuai dengan jadwal yang telah di tentuka dari puhak imigrasi melalui whatapp," terang Tamin.

Bagi para pemohon paspor wajib datang 30 menit sebelum jadwal yang telah ditentukan. Apabila pemohon datang ke kantor imigrasi terlambat melewati waktu yang telah ditentukan kode booking akan hangus.  Kantor Imigrasi, ucap Tamin, masih selalu melayani antrean pembuatan paspor secara manual khusus untuk orang tua dan anak-anak saja.

Hendra, yang merupakan petugas Costumer Care Imigrasi Tangerang mengungkapkan sebelum layanan antrean via whatsapp ini diluncurkan, pada setiap harinya kantor Imigrasi selalu dipenuhi oleh pemohon paspor. "Diantara mereka ada yang datang pada pukul 5 pagi untuk ambil antrean," papar dia. Pada pagi buta kantor Imigrasi sudah dipenuhi oleh pemohon paspor.

0 Response to "Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang Telah Gunakan Aplikasi Whatsapp"