Latest News

Kantor Imigrasi Batam Buka Unit Layanan Paspor

Kantor Imigrasi Batam Buka Unit Layanan Paspor, Permohonan paspor dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam meningkat selama beberapa bulan terakhir. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam.


Kantor Imigrasi Batam Buka Unit Layanan Paspor


Sejak bulan November 2016 hingga Maret 2017, rata-rata permohonan paspor yang masuk ke tempatnya diatas 200-300 permohonan per harinya. Motivasi masyarakat untuk membuat paspor, dikatakan laki-laki itu variatif. Macam-macam tujuannya, ada yang untuk tujuan berwisata, haji, umroh, kunjungan keluarga, berobat, dan lainnya.


Bagi masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri, memang ada beberapa syarat pendukung yang harus disiapkan. Salah satunya yakni surat rekomendasi dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

Kalau yang mau kerja harus ada rekomendasi dari Kemenaker. Kalau tidak ada rekomendasi kita tolak (nonprosedural).

Untuk pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Batam sendiri, antrian animo masyarakat yang ingin membuat paspor. Pasalnya, pengambilan nomor antri baru dibuka pukul 7.30-10.00 WIB. Sedangkan di lapangan, banyak masyarakat yang sudah antri sejak dini hari.

"Di seluruh Indonesia, kantor Imigrasi memang buka pada pukul 7.30 WIB. Kami tidak menyarankan masyarakat antri dini hari. Itu inisiatif masyarakat yang antri lebih pagi agar dapat nomor antrian pertama.

Ketentuan waktu pengambilan nomor antri dibatasi mulai pukul 7.30-10.00 WIB itu sendiri, dikatakan mengacu pada Surat Edaran Dirjen Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-0047 tahun 2016, pada tanggal 8 Januari 2016 tentang antrian pelayanan paspor, pengambilan nomor antrian, foto dan wawancara. Dalam surat itu, tepat pada pukul 10.00 WIB nomor antrian akan terkunci secara otomatis oleh sistem, dan bagi masyarakat yang belum berhasil mendapatkan nomor dapat kembali esok hari.

Meski dibatasi hingga pukul 10.00 WIB, nyatanya di lapangan keinginan masyarakat yang ingin membuat paspor tergolong tinggi. Itu sebabnya, pihaknya berusaha mencari  solusi atas permasalahan tersebut.

Pada awal tahun 2017 Direktur Jenderal Imigrasi sudah sepakat untuk membuka Unit Layanan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam. Tujuannya ialah untuk membagi antrian yang saat ini meningkat. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, unit layanan paspor ini dapat segera diresmikan dan dapat melayani masyarakat.

Permohonan paspor secara online saat ini memang tengah dishutdown oleh Kantor Imigrasi Pusat dan sedang dalam proses perbaikan. Kedepannya semua pelayanan keimigrasian akan berbasis secara online.

Tujuannya untuk mengurangi interaksi langsung petugas dengan masyarakat, sehingga akan lebih mudah dan efisien.


0 Response to "Kantor Imigrasi Batam Buka Unit Layanan Paspor"