Latest News

Mengurus Visa Umroh Backpacker

Mengurus visa umroh backpacker, Visa adalah tanda bukti bahwa boleh berkunjung yang diberikan pada penduduk suatu Negara jika memasuki wilayah Negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Bila berbentuk stiker visa yang dapat diapply di kedutaan Negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor di Negara tertentu. Selain itu, merupakan salah satu syarat jika jamaah ingin ibadah umroh ke Tanah Suci.

Mengurus Visa Umroh Backpacker

Mayoritas jemaah dengan menggunakan jasa travel agent dalam pembuatan visa dan perjalanan selama di Arab Saudi. Namun, saat ini tidak jarang pula jemaah yang umroh dengan cara backpacker. Saat ini untuk mengurus visa umroh backpacker, inilah waktu yang tepat.

Visa umrah itu sendiri dikeluarkan langsung oleh Kedutaan Besar Arab Saudi (KBSA). Lalu kapan waktu yang terbaik untuk dapat mengurus visa umroh backpacker bila ingin melakukannya?

Salah seorang penulis buku "Umroh Backpacker: A to Z Umrah Backpackeran", Elly Basrah Lubis menerangkan bahwa untuk pengurusan visa umrah hanya dapat dilakukan pada bulan Safar hingga Ramadhan dalam penanggalan Hijriah.

"Untuk Visa umroh itu hanya bisa apply pada bulan Safar hingga Ramadhan saja. Kedutaan Besar Arab Saudi pada pertengahan Ramadhan itu sudah tutup pengajuan visa," tutur Elly.

Ia mengatakan bahwa setelah bulan Ramadhan, dari Kedutaan Besar Arab Saudi akan melayani permintaan visa haji. Mengenai permohonan visa umroh setelah bulan Ramadhan sudah pasti tak akan dilayani.

"Untuk visa masa prosesnya dari kita mengajukan sampai keluar MOFA, itu diterima dengan muasassah itu paling cepat selama 6 jam.Kalau untuk respon cepat kita ada yang kenal, bisa beberapa menit. Standarnya yakni selama 1-2 hari kerja," kata perempuan yang juga akrab disapa dengan sebutan Mbak Butet itu.

MOFA (Ministry of Foreign Affairs) adalah voucher konfirmasi dari Kementerian Haji Saudi untuk calon jemaah umroh. Sebelum mengajukan visa ke KBSA, setiap jemaah harus memiliki MOFA.

"Kalau mengurus visa dalam waktu yang terlalu sempit tidak akan keluar. Oleh karena itu, untuk Cara menyiasatinya, data lengkap kalau bisa 1,5 – 2 bulan sudah masuk data ke travel (agent)," tambahnya.

Ia mengingatkan bahwa pengurusan visa ke Arab Saudi tidak bisa diurus sendiri, namun langsung ke kedutaan seperti negara-negara yang lainnya. Ia mengatakan pengurusan visa ke Arab Saudi mesti dibantu oleh travel agent.

0 Response to "Mengurus Visa Umroh Backpacker "