Latest News

Ingat, Ambil Nomor Antrean Urus Paspor Via Online

Ambil nomor antrean, setelah melihat ke lapangan ternyata masih banyak saja yang belum mengetahui hal ini, bahwa untuk ambil nomor antrean paspor di seluruh kantor imigrasi di Jakarta Selatan via online. Jadi, tidak perlu lagi mengantre panjang di sana. Direktorat Jenderal Imigrasi Kemnterian Hukum dan HAM telah mengeluarkan pelayanan paspor bagi masyarakat. Kini antrean permohonan paspor sudah bisa diakses via online. Caranya mudah kok!

Ingat, Ambil Nomor Antrean Urus Paspor Via Online

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, lebih tepatnya terletak di Jl Warung Buncit Raya No 207, Jakarta Selatan, setiap pagi sejak pukul 06.00 WIB masih saja dipenuhi oleh pengunjung yang mau ambil nomor antrean. Rata-rata diantara mereka ingin membuat paspor baru atau mengganti paspor yang lama.

Sayangnya mereka harus gigit jari karena sudah mengantre panjang namun tidak mendapat nomor antrean. Karena, kini untuk ambil nomor antrean di kantor imigrasi dengan menggunakan cara yang mudah yaitu melalui via online.

"Yah saya tidak tahu pak mengenai hal itu, terus sekarang harus bagaimana. Saya harus download aplikasinya, tidak bisa ambil nomor antrenya sekarang ya?" kata seorang pengunjung wanita dengan membawa banyak berkas di tangannya.

Jawaban yang diperoleh dari petugas keamanan setempat pun semuanya sama, untuk pengambilan nomor antrean harus melalui via online. Dengan rasa sabar dan senyum, mereka menjelaskan mengenai tentang aplikasi online-nya yang bernama Antrian Paspor

Kasi Perizinan Keimigrasian yakni Ruri H Roesman menjelaskan, bahwa sudah ada peraturan baru yang diciptakan dengan mengambil nomor antrean via online yang sudah berlaku sejak 16 Mei 2017. Menurutnya, dengan menggunakan hal itu sudah cukup memudahkan petugas di kantor imigrasi dan masyarakat yang hendak mengurus paspornya, baik membuat paspor baru atau mengganti paspor.

"Dengan begitu, sudah cukup memudahkan bagi kami, para petugas dalam menangani antrean panjang yang tak kunjung usai hingga pada akhirnya menemukan solusi. Bagi masyarakat yang ingin mengurus paspor tidak lagi harus datang pagi-pagi dan antre panjang untuk mengambil nomor antrean. Hanya dengan mengklik saja dengan melalui aplikasinya mau datang hari apa," jelasnya.

"Sebenarnya sudah sejak bulan Mei kemarin kita memberlakukan 2 aplikasi yang sama satu kebijakan baru. Selain itu, ada juga aplikasi Antrian Paspor dan WhatsAp Gateway Service di nomor ini 081381710123, sedangkan untuk mencari tahu kapan paspor yang sudah diajukan tersedia dan yang lain-lainnya. Untuk kebijakan baru, kini untuk pergantian paspor yang baru cukup dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP) dan paspor lama saja, jangan lupa untuk di fotocopy masing-masing 1," terang Ruri.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Antrian paspor, baru tersedia di Play Store saja. Semoga saja segera dihadirkan juga di platform iOS. Mudah saja tinggal daftar dan isi data diri serta nomor NIK, kemudian masukkan email dan nomor telepon. Cukup mudahkan, setelah lakukan itu tinggal pilih hari yang diinginkan dan pagi atau siang kamu akan mengurus paspor. Dan yang terakhir, akan keluar email pemberitahuan tentang nomor antrean kamu.

"Untuk dapat menggunakan aplikasi Nomor Antrean baru ada di seluruh kantor imigrasi di wilayah Jakarta Selatan saja, setelah itu baru akan diuji coba di wilayah Jakarta lainnya agar bisa gunakan aplikasi yang sama. Setelah sudah ada aplikasi “Antrian Paspor” Kami kini sudah tidak lagi menerima permohonan walk-in (datang langsung) untuk mengambil nomor antrean urus paspor," tegas Ruri.

0 Response to "Ingat, Ambil Nomor Antrean Urus Paspor Via Online "