Latest News

Pengurusan Visa Jamaah Haji Gelombang Pertama Selesai

Pengurusan visa jamaah haji, Pelaksana tugas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Nur Syam mengungkapkan, bahwa dalam pengurusan visa jamaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang pertama baru akan selesai pada pekan ini. “Kita sangat bersyukur atas selesainya visa tersebut sampai 18 Juli sore, sedangkan untuk jumlah visa yang sudah selesai telah mencapai 81.497. Jadi dari jumlah itu masih kurang beberapa ribu lagi untuk jamaah gelombang pertama dan itu sudah dapat kita pastikan akan selesai pada pekan ini,” jelasnya saat menutup Pembekalan Media Center Haji di Jakarta.

Pengurusan Visa Jamaah Haji Gelombang Pertama Selesai

Nur Syam kembali menambahkan, pengurusan visa jamaah haji ini pada proses penyelesaian dalam waktu dekat tergantung pada Kedutaan Besar Arab Saudi. Dia juga menuturkan, bahwa dari Menteri Agama (menag) yakni Lukman Hakim Saifuddin sudah mengirim surat kesana untuk percepatan visa. “Total keseluruhan yang ada berjumlah lebih dari 102 ribu jamaah yang akan diberangkatkan pada gelombang pertama, yaitu mulai pada tanggal 28 Juli hingga 11 Agustus mendatang," terangnya.

Masih terkait dengan hal ini, Nur Syam juga mengingatkan kembali pada jajarannya untuk memastikan kloter-kloter awal yang akan mulai diberangkatkan pada pekan depan sudah fix segala persiapannya terutama dalam pengurusan visa jamaah haji. “Untuk kloter satu hingga lima harus fix mengenai soal visa, jangan sampai ada kursi kosong,” tegasnya.

Yang juga merupakan mantan Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya ini menambahkan soal paspor yang saat ini sudah diterima oleh Ditjen PHU untuk dapat diproses visanya sudah mencapai 189.191. sedangkan penanganannya akan dilakukan secara bertahap, paspor yang telah masuk ini akan diteruskan ke Kedutaan Besar Arab Saudi untuk diproses pembuatan visanya. “Kami telah melakukan koordinasi dengan pihak Kanwil agar segera mempercepat proses ini. Kami juga berharap dapat diselesaikan pada waktunya sehingga tidak lagi ada masalah,” tuturnya.

Jumlah kuota jamaah haji reguler Indonesia pada tahun ini seluruhnya berjumlah 204 ribu orang. Para jamaah haji reguler akan diberangkatkan dalam dua gelombang. Untuk gelombang pertama akan diberangkatkan menuju Madinah. Sedang untuk gelombang kedua akan diberangkatkan menuju Jeddah kemudian ke Makkah. Waktu Pemberangkatan gelombang kedua akan berlangsung dari 12 – 26 Agustus 2017.

Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji yakni M Sofwan menjelaskan, kelanjutan dalam proses penerbitan visa akan terus dilakukan oleh tim Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah sampai semuanya selesai. “Dalam proses pengurusan visa itu sendiri mensyaratkan informasi lengkap yang terkait dengan paket layanan yang akan diterima oleh jamaah selama di Saudi.hal tersebut yang juga harus kita siapkan sehingga dalam pengurusan visa dilakukan secara bertahap,” ujar Sofwan.

Disinggung mengenai soal potensi terjadinya keterlambatan visa seperti yang pernah terjadi pada dua tahun lalu, Sofwan mengaku bahwa dirinya optimistis pada tahun ini semuanya akan berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal. “Saya berharap dalam proses pengurusan visa tidak akan terjadi seperti dua tahu yang lalu dan seluruh visa dapat selesai semua sebelum masa operasional pemberangkatan berakhir sehingga jamaah calon haji bisa diberangkatkan sesuai jadwal yang telah ditentukan,” tutupnya.

0 Response to "Pengurusan Visa Jamaah Haji Gelombang Pertama Selesai"