Latest News

Urusan Paspor Haji Telah Terkumpul 65 Persen

Urusan paspor haji, Menteri Agama (menag) yakni Lukman Hakim Syaifuddin memaparkan, untuk mengenai kelanjutan persiapan pelaksanaan haji 2017, pada saat ini, di Arab Saudi telah masuk ke tahap final. Persiapan yang dimaksud itu adalah baik menyangkut dengan akomodasi hotel, transportasi, katering di Makkah, Madinah, Jeddah, Arafah maupun  Mina.

Urusan Paspor Haji Telah Terkumpul 65 Persen

Sedangkan untuk saat ini, selain masih dengan urusan paspor haji, dari Kemenag sedang fokus untuk persiapan di dalam negeri karena untuk keberangkatan pertama akan berlangsung pekan ketiga pada Juli atau sekitar 27-28 Juli 2017. "Segala persiapan yang akan dibutuhkan pada saat di Makkah dan Madinah termasuk Jeddah Arafah, Mina sudah mendekati final, sudah hampir mencapai 100 persen. Sekarang sedang konsentrasi dalam penyiapan dokumen perjalanan baik paspor dan pemvisaan yang masih dilakukan secara bertahap dan akan diselesaikan hingga pekan ketiga Juli sebelum dilakukan pemberangkatan kloter pertama," jelas dia.

Berdasarkan dengan laporan yang masuk dari masing-masing daerah, untuk urusan paspor haji untuk keseluruhannya yang sudah terkumpul sudah mencapai 65 persen. Dengan jumlah yang sudah diperoleh oleh kami akan terus bertambah setiap harinya.  Angka 65 persen tersebut masih dalam batas toleransi karena masih ada tiga pekan untuk dapat menyelesaikan seluruh dokumentasi

Sedangkan untuk masalah pemvisaan bergantung dari kementrian haji dan kementrian luar negeri di Arab Saudi. Saat ini untuk proses pemvisaan masih dilakukan dalam sebuah sistem yang disebut dengan e-hajj

Lukman menghrapkan, untuk sistem e-hajj telah dibuka kemarin atau selambat-lambatnya besok, sehingga bagi mereka yang bertanggung jawab atas itu dapat segera bekerja dalam memasukkan data untuk bisa memproses visa. Sedangkan, untuk dapat memperoses masalah visa ini masih dilakukan secara bertahap sehingga membutuhkan waktu yang cukup luang untuk dapat segera menyelesaikan seluruh visa jamaah haji yang berjumlah 211 ribu calhaj.

Sementara itu untuk kuota lanjut usia (lansia) yang sudah di peroleh, Kemenag tidak dapat untuk memastikan jumlah pastinya. Sebab bergantung dari sisa kuota pelunasan tahap pertama. Lansia yang sudah diprioritaskan untuk bisa berangkat merupakan lansia yang telah berusia 75 tahun keatas, telah mendaftar haji minimal lima tahun yang lalu, dan proaktif dalam mengajukan diri kepada Kemenag untuk bisa berangkat pada tahun ini.

0 Response to "Urusan Paspor Haji Telah Terkumpul 65 Persen"