Latest News

Paspor dan Visa Jamaah Haji Akan Diterbitkan Secara Bertahap

Paspor dan visa jamaah haji, Menteri Agama (menag) yakni Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan bahwa untuk penerbitan paspor dan visa calon jamaah haji (CJH) akan dilakukan secara bertahap berdasarkan sesuai dengan waktu keberangkatan masing-masing kelompok terbang (kloter). Kita akan menyiapkan lebih dalu visa CJH kloter pertama.

Paspor dan Visa Jamaah Haji Akan Diterbitkan Secara Bertahap

"Mengenai persoalan paspor dan visa jamaah haji, untuk visa pastinya akan terus kita proses secara bertahap, karena dalam pengurusan visa itu seluruhnya ada pada kewenangan dari kementerian dalam negeri dan luar negeri Arab Saudi," paparnya. Oleh sebab itu, pihaknya akan terus fokus dalam menyelesaikan masalah administrasi itu dengan terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Arab Saudi.

Lukman memaparkan, bahwa untuk pembuatan paspor dan visa jamaah haji memang tidak dapat untuk dilakukan secara keseluruhan atau sekaligus karena mengungat jumlah CJH dari Indonesia pada musim haji yahun ini begitu banyak.

Kondisi yang seperti itu yang menjadi alasan dari Kemenag sehingga lebih memilih dalam melakukan proses penerbitan visa dan paspor secara bertahap dan disesuaikan dengan waktu keberangkatan jamaah haji yang sesuai dengan rencana yang sudah dijadwalkan, keberangkatan ke tanah suci Makkah akan di mulai pada 28 Juli 2017.

"Jadi, seperti ini, jumlah jamaah haji yang sudah kita kelola saja itu jumlahnya mencapai 204 ribu calon jamaah haji dan akan diberangkatkan menjadi dua gelombang besar," terangnya.

Dia juga menambahkan, bahwa dalam melakukan proses penerbitan visa tidaklah sulit karena sudah menggunakan sistem dalam jaringan di internet atau online. "Penerbitan visa kita gunakan sistem online, jadi hanya dengan cara kita kirim seluruh data para CJH. Hingga saat ini sudah kami terbitkan sebagianvisa CJH yang akan berangkat pada kloter pertama," papar Lukman.


Abd Wahid Tahir yang menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Sulawesi Selatan memberikan jaminan bahwa mengenai kelengkapan visa dan paspor para jamaah haji dari Embarkasi Makassar dalam keadaan aman. Selain itu, mulai dari kloter pertama hingga kloter 18 masing-masing dari mereka sudah memiliki visa.

Sedangkan, penyelesaian visa untuk pemberangkatan gelombang kedua, menurut pengakuannya, yaitu untuk kloter 19 hingga 35 hingga saat ini visa dan paspor jamaah masih dalam tahap penerbitan dan akan selesai sebelum jadwal keberangkatan.

0 Response to "Paspor dan Visa Jamaah Haji Akan Diterbitkan Secara Bertahap"