Latest News

Permintaan Paspor Umrah Tinggi di Makassar

Permintaan paspor tinggi, Memiliki paspor sangatlah penting. Paspor merupakan dokumen perjalnan yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada warga negaranya. Dimana pemerintah juga harus memberikan hak kepada seseorang yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri dan di dalam paspor tersebut juga terdapat identitas yang sah, kewarganegaraan dan hak perlindungan selama berada di luar negeri, sekaligus hak untuk kembali ke Tanah Air.

Permintaan Paspor Umrah Tinggi di Makassar

Tanpa memiliki paspor kita tidak dapat melakukan perjalanan ke luar negeri. Karena paspor ini merupakan bukti diri saat berada di luar tanah air. Hal ini juga termasuk menjadi kewajiban bagi si pemilik paspor agar menyimpan dan melindunginya dengan sebaik-baiknya. Paspor ini adalah dokumen milik Negara. Sehingga kini permintaan paspor tinggi, khususnya untuk umrah.

Selain itu, paspor juga harus dilakukan perpanjangan jika masa berlakunya telah habis. Perpanjangan atau pembaharuan paspor baru dapat dilakukan pada setiap lima tahun setelah habis masa berlakunya. Paspor dapat dilakukan perpanjangan sebelum habis masa berlakunya, jika halaman paspor tersebut telah terisi penuh, rusak berat dan hilang. Saat ini permintaan paspor tinggi di Makassar.

Beberapa hari lalu, Kepala Informasi Imigrasi Kelas 1 Makassar yakni Lucky Karim mengaku kaget dengan permintaan masyarakat Makassar, untuk pembuatan paspor.

Lucky yang baru merasakan menduduki jabatan sebagai Kepala Informasi Imigrasi Kelas 1 selama tujuh bulan itu mengungkapkan, fenomena yang terlihat di kota Makassar ini snagat aneh untuk soal pengurusan paspor.

“Disini saya baru menjabat tujuh bulan, tapi permintaan paspor umrahnya itu sudah sangat wow, tinggi terus angka permintaannya,” paparnya.

Menurut Lucky, mengenai hal itu belum berbicara pada data dari penerimaan pembuatan paspor , khusus untuk permintaan umrah saja. Hal itu juga diakui olehnya, bahwa itu merupakan fenomena yang langka.

Ya benar, itu merupakan fenomena yang langka jika dibandingkan dengan daerah lain di luar Sulawesi selatan atau Makassar. Dirinya pun sampai bertanya-tanya, apakah perjalanan umrah ini sudah menjadi tradisi di Makassar.

Lanjutnya, bahwa memang benar dalam perjalanan umrah di seluruh daerah merupakan wisata religi. Namun, khusus di Sulsel atau Makassar ini memiliki fenomena yang berbeda.

“Makanya dilihat dari fenomena permintaan pembuatan paspor yang sangat tinggi pada setiap bulannya, sehingga membuat para travel nakal itu memanfaatkan situasi yang seperti ini,” ungkapnya.

Sementara itu, syarat untuk pembuatan paspor umrah, tentu saja ada berkas yang harus dibawa oleh calon jamaah umrah dengan memiliki lampiran dari Biro Umrah dan Departemen Agama.

Sebelum dirinya bertugas di Imigrasi Kelas 1 Makassar, Lucky Karim ditugaskan di Imigrasi Madiun, bertugas disana selama kurang lebih 2 tahun. Lalu dipindahkan kembali ke Makassar.

“Di Madiun juga serupa, banyak yang mengurus paspor untuk perjalanan umrah tapi di Makassar ini lebih banyak lagi karena meningkat terus setiap harinya,” terangnya.

Namun, menurutnya juga hal itu menunjukkan bahwa akan kesadaran beragama dan perekonomian masyarakat Sulsel semakin membaik.

0 Response to "Permintaan Paspor Umrah Tinggi di Makassar"