Latest News

Tanggapan Founder 8Bit Soal Paspor Gunakan Aplikasi

Tanggapan founder 8Bit, Pegiat Digital Pontianak dan juga sebagai Founder 8Bit yakni Hajon Hamdy Mahmudin memaparkan, bahwa aplikasi semacam ini sebenarnya sudah sangat baik untuk terus digunakan dan disudah semestinya diapresiasi, sehingga apa yang telah diharapkan dari dimunculkan aplikasi ini hingga di dapatkan. Hanya saja sepertinya Imigrasi belum melakukan sosialisasi edukasi yang baik oleh masyarakat.

Tanggapan Founder 8Bit Soal Paspor Gunakan Aplikasi

Sehingga, masih banyak masyarakat yang hingga kini juga belum mengetahui dan memahami bahwa kini telah ada aplikasi-aplikasi online dalam pelayanan publik keimigrasian ini. Oleh sebab itu, yang terjadi masyarakat tidak dapat menggunakan fasilitas aplikasi ini. Dalam pembuatannya sebenarnya sudah cukup bagus. Itulah tanggapan Founder 8Bit mengenai soal paspor gunakan aplikasi.

Akan tetapi, di maintaince untuk lakukan sosialisasi kepada masyarakat, itu yang tidak sangat optimal dan menyeluruh kepada masyarakat yang membutuhkan. Padahal dengan sosialisasi menjadi salah satu faktor yang sangat penting agar inovasi semacam ini dapat diketahui dan dipahami oleh publik. Itu tanggapan Founder 8Bit menanggapi hal tersebut.

Apalagi dengan adanya aplikasi online semacam ini, sebenarnya yang punya kemungkinan besar untuk dapat menggunakannya adalah mereka yang sangat sering berhadapan dengan dunia digital online. Bukan orang-orang konvensional.

Sementara yang kita lihat saat ini, dalam melakukan sosialisasi relatif lebih banyak dengan menggunakan media konvensional. Seperti baleho, spanduk, brosur, billboard dan yang lainnya.

Seharusnya, sosialisasinya itu dilakukan juga dengan melalui media digital. Sehingga, masyarakat luas yang seharinya sering berinteraksi dengan dunia digital online, bisa mendapatkan informasi yang lebih masif. Tapi sayangnya ini relatif jarang ditemukan. Jadi pengguna yang lebih familiar dngan dunia digital online sebagai masyarakat yang punya kemungkinan besar jadi pengguna utama, justru tidak tersentuh dengan informasi tersebut.

Imigrasi harus lebih intens lagi dalam mensosialisasikan platform dari aplikasi online yang diluncurkannya ini. Peran besar yang sebenarnya itu kembali kepada imigrasi itu sendiri selaku pemilik produk berplatform online ini.

Imigrasi hrus lakukan jemput bola. Baik dngan membuat iklan di media online atau menggandeng para blogger dan sosialisasi kreatif lainnya. Sehingga, platform ini dapat diketahui lebih baik oleh masyarakat. Platform juga harus di maintaince dan selalu ditingkatkan lagi. Jangan sampai menjadi sesuatu yang kontra produktif seperti di beberapa imigrasi lain yang akhirnya meniadakan layanan ini karena dinilai justru memperlambat karena ketiadaan standar yang baku.

Aplikasi online yang seperti ini begitu banyak keunggulan dan manfaatnya. Pertama mengenai waktu, dimana aplikasi ini dapat memutus mata rantai proses yang relatif memakan waktu lebih lama. Sehingga, pengguna juga dapat lebih mengoptimalkan waktu yang yang dimilikinya untuk aktivitas produktif lainnya.

Pada dasarnya itu, aplikasi online memang disiapkan untuk dapat mengurangi antrean panjang di kantor imigrasi dan proses agar lebih efektif dan mudah. Langkah yang diambil oleh imigrasi dengan hadirkan layanan online inipun sebenarnya sangat layak diapresiasikan.

Bahkan untuk lembaga dan instansi pelayanan publik lainnya juga semestinya menerapkan pola yang sama. Seperti catatan sipil untuk pencatatan akte kelahiran misalnya.

Bisa dibuat agar klinik persalinan dapat terkoneksi, sehingga petugas klinik juga bisa langsung melakukan registrasi seiap bayi yang baru lahir secara online.

Pajak bahkan juga telah lakukan untuk pelapor SPT tahunan. Tiap unit layanan public pemerintah memang sudah seharusnya untuk terapkan aplikasi online semacam ini sebagai terobosan.

Sudah harus berfikir lebih luas dan jauh, bahwa sekarang ini masanya sudah masa depan. Jadi, segala sesuatunya dapat dilakukan secara remote, tidak perlu lagi betatap muka sehingga berbagai hal mainstream tidak perlu lagi untuk dilakukan.

Apalagi saat ini banyak inovasi dan karya yang selalau ditelurkan pegiat teknologi digital tanah air yang membuat berbagai hal yang lebih mudah untuk dapar memudahkan. Hanya tinggal peranan pemerintah saja untuk menyikapinya, mendukung, mensupport atau tidak keduanya itu. 

0 Response to "Tanggapan Founder 8Bit Soal Paspor Gunakan Aplikasi"