Latest News

Alasan Semua Paspor Didesain Mirip

Paspor didesain mirip, Walaupun berbeda-beda negara, negara satu dengan yang lainnya. semua paspor tetap saja di desain mirip satu sama lain mengikuti pakem yang sudah ada. Ternyata ada alasannya kenapa di desain mirip. Adanya kesepakatan mengenal desain paspor itu pun telah di ketahui bahwa pada awalnya itu muncul di Prancis pada Oktober 1920. Dalam fakta sejarah pun juga telah tertulis dalam catatan digital di situs resmi PBB Jenewa.

Alasan Semua Paspor Didesain Mirip

Paspor didesain mirip adengan segala detail teknisnya juga dibicarakan di Prancis oleh Liga Bangsa yang merupakan organisasi internasional sebelum PBB dalam rangka Paris Conferense on Passports & Customs Formalities and Through Tickets.

Untuk yang pertama kalinya, seluruh anggota Liga Bangsa telah menyepakati untuk membuat sebuah identitas bersama dengan nama paspor untuk 42 negara anggotanya pada saat itu dengan paspor didesain mirip. Terobosan tersebut diambil oleh para anggota Liga Bangsa Bangsa untuk sebagai bentuk kontrol keamanan antar batas negara. Dimana langkah itu pun diambil sebagai dampak dari Perang Dunia I yang pada saat itu terjadi di Eropa.

Bunyi sebuah pernyataan yang oleh Liga Bangsa Bangsa yakni tidak ada paspor yang terstandar merupakan hambatan yang serius untuk dapat memulai kembali hubungan normal dan pemulihan ekonomi dunia.

Telah disepakati, bahwa paspor itu harus memiliki ukuran 15,5 cm x 10,5 cm. yang di dalam buku paspor tersebut harus terdiri dari 32 halaman, dimana untuk empat halaman yang pertama menjelaskan tentang foto diri dari sang pemegang paspor beserta dengan detail personal. Sementara itu, untuk sisanya yang 28 halaman didedikasikan untuk visa. Untuk halaman depan dari sebuah paspor harus memiliki lambang serta nama suatu negara. Syarat dari sebuah paspor ideal harus sesuai dengan kesepakatan Liga Bangsa Bangsa. 

Dan kini, segala macam teknis terkait dengan desain paspor telah diatur oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) PBB. Namun fakta yang sebenarnya, desain paspor yang sudah ada akan tetap sama dan tidak akan berubah selama 100 tahun lamanya. Namun untuk teknologi, paspor yang ada telah mengalami inovasi yakni berupa hologram, watermarks hingg chip elektronik untuk E-paspor.

0 Response to "Alasan Semua Paspor Didesain Mirip"