Latest News

Pembuatan Paspor di Bandung Terjadi Peningkatan

Pembuatan Paspor di Bandung – Permohonan dalam pembuatan paspor baru dan perpanjang paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung dalam sebulan terakhir ini sedang mengalami peningkatan 20 persen. Dimana peningkatan itu dapat terjadi seiring dengan banyaknya pemohon yang ingin pergi Umroh, berlibur, Natal dan tahun baru. Banyaknya pemohon yang ingin membuat paspor memang seringkali terjadi pada setiap tahun. Alasan utamanya itu adalah ingin melaksanakan ibadah umroh setelah usai pelaksanaan ibadah haji kemarin, apalagi disana sudah memasuki musim dingin. Tidak hanya itu saja ada juga yang bertujuan pergi berlibur keluar negeri bersama dengan keluarga, rekan kerja, maupun dengan mitra bisnis.


Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandung yakni Sri Warnati mengatakan, bahwa dalam pembuatan paspor di Bandung selain banyaknya masyarakat yang ingin berangkat berlibur dan mulai mempersiapkan paspor untuk berangkat haji maupun umroh.

Lanjut dia, aktivitas dalam pembuatan paspor di Bandung banyak yang didominasi oleh anak sekolah untuk melakukan pembuatan paspor baru. Peningkatan permohonan pembuatan paspor di Bandung dan perpanjang paspor juga mengalami kenaikkan mulai dari 20 hingga 25 persen atau dari jumlah 400 pemohon hingga menjadi 500 pemohon dalam per-harinya.

“Kemudian diikuti dengan pembuatan paspor untuk umroh yang meningkat sekitar 5 persen serta persiapan untuk berangkat haji ke Tanah suci,” ungkapnya.

Sri menyebutkan, untuk mengatasi terjadinya penigkatan permohonan dalam pembuatan paspor tersebut, pihaknya akan mengoptimalkan petugas loket pelayanan yang sudah mulai jam kerja mulai dari pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB. Pokoknya, berapapun banyaknya jumlah permohonan petugas kami telah siap memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan jadwal jam kerja yang memang telah ditentukan sebelumnya.

Sri juga mengatakan, jika nantinya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), pada setiap permohonan pembuatan ataupun perpanjang paspor akan diproses dengan sebaik mungkin dengan durasi waktu pengerjaan sampai tiga hari lamanya. Itupun setelah proses pengambilan foto biometrik, jika tidak terdapat kekurangan atau masalah hukum maka dapat diterbitkan langsung paspornya.

Kata Sri, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah kerja Imigrasi Bandung jika akan membuat paspor sebaiknya itu dilakukan pada jauh-jauh hari. Sebab pada sistem pembuatan paspor sudah, yang dulu masih manual dengan mengantri panjang di kantor imigrasi dan kini sudah tidak lagi sebab sistem antrinya dilakukan dengan cara online. Artinya, dengan adanya penerapan ini diharapkan kepada masyarakat lebih dimudahkan dalam melakukan pengajuan permohonan pembuatan dan perpanjang paspor.

0 Response to "Pembuatan Paspor di Bandung Terjadi Peningkatan"