Latest News

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Paspor Umrah

Contoh rekomendasi, Saat akan pergi ke negeri asing hal yang terpenting ialah wajib miliki paspor, fatal akibatnya jika tidak membawa dokumen tersebut. Mungkin yang menjadi permasalahan banyak orang tidak mengetahui informasi lengkap cara buat paspor. Sesuai dengan peraturan baru yang telah disampaikan oleh Direktur Penyelenggara Umrah dan Haji pada tanggal 8 Maret 2017. Menerangkan bahwa saat ini untuk setiap jamaah yang akan membuat paspor untuk menunaikan ibadah haji atau umrah wajib melampirkan surat rekomendasi. Kemudian, surat rekomendasi tersebut diajukan dan dikeluarkan oleh kemenag kabupaten atau kota setempat.

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Paspor Umrah

Direktur Penyelenggaraan Haji dan Umrah yakni Muhajirin Yanis mengatakan, bahwa Rekomendasi ini merupakan salah satu persyaratan tambahan bagi calon jamaah yang akan menunaikan ibadah umrah atau haji yang nantinya akan berfungsi sebagai syarat dalam pembuatan paspor baru di kantor imigrasi. adanya contoh rekomendasi untuk pembuatan paspor umrah ini dengan tujuan untuk mengurangi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang masuk secara non prosedural (tidak resmi).

Abdul Jamil yang merupakan sebagai Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah, meminta kepada jajarannya di Kantor Kementerian Agama untuk memberikan kemudahan kepada calon jamaah umrah dan haji. Adapun syarat dan contoh Rekomendasi Kemenag, ialah sebagai berikut:

1.Calon jamaah/Biro Perjalanan Ibadah Umrah dengan surat kuasa dari calon jamaah tersebut
2.Surat rekomendasi dari travel yang sudah kita pilih dan percayai
3.Fotocopy SK Travel tersebut
4.Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
5.Fotocopy Akte Kelahiran

Disamping itu juga, sebelum mengajukan surat rekomendasi ke kantor Kemnag, Anda dapat melengkapi dokumen persyaratannya terlebih dahulu. Adar dapat memberikan kemudahan dalam proses pengajuan, persyaratan yang dibutuhkan itu dapat disatukan ke dalam amplop atau map. Setelah persyaratan telah disiapkan, segeralah untuk mendatangi kantor Kemenag kab/kota terdekat. Jika telah sampai di kantor kemenag hubungi petugas. Apabila mengalami kesulitan dalam hal ini, bertanyalah kepada petugas keamanan atau petugas lainnya yang sedang berjaga.

Apabila Anda sudah bertemu dengan petugas yang mengurus surat rekomendasi, segeralah agar memenuhi proses pengajuan surat rekomendasi dengan cara menyerahkan persyaratannya. Kemudian ikuti intruksi dari petugas imigrasi untuk kelancaran dalam pembuatan paspor. “Selama masih dalam pengurusan rekomendasi tidak akan dipersulit dan pastinya harus dipermudah,” kata Abdul Jamil.

Setelah persyaratan telah disetujui, maka petugas imigrasi akan membuatkan surat rekomendasi tersebut yang telah ditandatangani oleh pejabat yang berwenang pada Kankemenag kab/kota. Dengan adanya surat rekomendasi ini akan menguntungkan bagi jamaah dan Kemenag. Selain itnku, Kaemenag kab/kota menjadi memiliki seluruh data jamaah dari daerahnya masing-masing yang akan melaksanakan ibadah umrah. Sebab, selama ini data jamaah itu baru diketahui pada saat ada masalah saja.

Bagi calon jamaah umrah dan haji, adanya kebijakan baru ini juga merupakan upaya untuk memberikan perlindungan kepada mereka. Sebab, dengan adanya surat rekomendasi ini, maka mereka telah mengetahui sejak awal bahwa travel yang telah dipilih jamaah dan yang akan memberangkatkannya itu memiliki izin resmi. “Sudah banyak pengalaman, jamaah yang sampai di Jakarta tidak jadi berangkat, setelah diusut ternyata Biro Travelnya tidak berizin,” papar Muhajirin. 

0 Response to "Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Paspor Umrah"