Latest News

Paspor Via Online Masih Saja Antre di Imigrasi Bandung

Paspor via online, Tersedianya pelayanan pembuatan paspor dengan menggunakan cara antrean online, masih dianggap percuma oleh sebagian warga kota Bandung. Karena upaya ini dilakukan untuk menghindari antrean panjang seringkali terjadi di setiap Kantor Imigrasi. Namun, sebagian mereka menganggap percuma saja. karena masih harus antre-antre juga. Ungkap salah seorang pemohon paspor di Kantor Imigrasi, “Saya mencoba untuk daftar via online. Setelah mendaftar dan menunggu empat Minggu, pas datang ke kantor ternyata masih saja harus mengantre dan mengisi formulir lagi,” ungkapnya.


Antrean memang terlihat di Kantor Imigrasi yang terletak di Jalan Surapati, Bandung, pada Kamis kemarin. Ada sebanyak 10 orang yang berdiri di depan loket permohonan paspor via online. Di loket antrean pemohon paspor via online ini didominasi warna biru, yang letaknya itu tidak jauh dari pintu masuk.

Lanjut dia, pendaftaran paspor via online yang sudah tersedia masih kurang efektif. Jadi kaya setengah online gitu. Mengapa tidak sekalian saja prosesnya online semua. Data formulir yang diberikan oleh petugas tadi kan dapat diisi di Web atau aplikasinya langsung. Setelah itu hanya tinggal wawancara saja, lalu foto dan seterusnya.

Tidak jauh berbeda dengan ungkapan pemohon paspor tersebut. pemohon paspor yang ini juga menyebutkan bahwa informasi yang didapat setelah daftar online masih terbilang kurang. Pada saat itu, Ia membawa kedua anaknya yang sempat kerepotan. Sebab harus bolak balik kesana kemari untuk melengakapi kekurangan persyaratan yang dia bawa.

“Contohnya seperti ini, fotocopy KTP harus yang berukuran kertas A4. Sedangkan, penjelasan mengenai ukuran kertas tersebut tidak ada, termasuk dengan dokumen lainnya. kalau ribetnya itu hanya sedikit sih tidak masalah. Tapi ini kan ribetnya itu banyak,” jelasnya.

Kantor imigrasi yang mencakup enam wilayah di Jawa Barat ini dipenuhi oleh puluhan orang. Di kantor imigrasi terdapat beberapa papan informasi. Ada informasi alur permohonan pembuatan paspor, serta terdapat spanduk besar yang bertuliskan ‘sekarang bikin paspor tidak perlu antre’ di letakkan di tembok kanan pintu masuk.

Selain itu juga, pengunjung akan mengetahui nomor antrean yang sedang di proses pada layar TV yang berada di depan tempat duduk pengunjung. Serta ruang pemeriksaan yang menggunakan kaca tembus pandang, agar setiap orang dapat melihat tahapan-tahapan dalam pembuatan paspor.

0 Response to "Paspor Via Online Masih Saja Antre di Imigrasi Bandung"