Latest News

Mengurus Visa Umrah Backpacker di Kedubes Arab Saudi

Mengurus visa Umrah - sebuah dokumen izin yang dimiliki pada seseorang untuk digunakan berkunjung ke suatu negara yang dapat diperoleh di kedutaan dimana negara tersebut memiliki Konsulat Jenderal atau kedutaan asing di sebut dengan Visa. Visa juga sebagai tanda bukti boleh berkunjung yang memberikan syarat adanya izin masuk dan salah satu syarat jika ingin melaksanakan ibadah umrah ke Tanah suci. Mayoritas jamaah pada umumnya menggunakan jasa agent untuk melakukan pembuatan visa dan perjalanan selama berada di Arab Saudi. Namun, kini sudah tidak jarang pula banyak jamaah yang pergi umrah dengan cara backpacker.

Mengurus Visa Umrah Backpacker di Kedubes Arab Saudi

Dimana visa umrah itu sendiri dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi (KBSA). Lalu kapan waktu yang terbaik untuk mengurus visa umrah bila ingin melaksanakan ibadah umrah secara backpacker. Ada salah seorang penulis buku “Umroh Backpacker: A to Z Umrah Backpackeran,” Elly Basrah Lubis menuturkan bahwa dalam pengurusan visa umrah hanya dapat dilakukan pada bulan Safar hingga Ramadhan dalam penanggalan Hijriah.

Mengurus visa umroh itu hanya dapat apply pada bulan Safar hingga Ramadhan. Dari Kedutaan Besar Arab Saudi pada pertengahan Ramadhan itu telah tutup pegajuan visa,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa setelah bulan Ramadhan, dari Kedutaan Besar Arab Saudi akan siap melayani permintaan visa haji. Dimana permintaan visa umrah itu setelah bulan Ramadhan sudah pasti tidak akan dilayani olehnya.

“Untuk visa itu sendiri prosesnya dari kita melakukan pengajuan hingga keluar MOFA, itu dterima oleh muasassah paling cepatnya itu adalah 6 jam. Kalau respon cepat kita ada yang kenal maka dapat beberapa menit saja. waktu standarnya 1-2 hari kerja,” ujarnya.

MOFA singkatan dari Ministry of Foreign Affairs yang artinya vocher konfirmasi dari Kementerian Haji Saudi untuk para calon jamaah umrah. Sebelum melakukan pengajuan visa ke KBSA, setiap jamaah wajib memiliki MOFA.

“Kalau dalam melakukan pengurusan visa dalam waktu mepet tidak keluar. Cara untuk menyiasatinya itu, data lengkap kalau bisa 1,5-2 bulan datanya sudah masuk ke travel (agent),” lanjutnya.

Ia juga menegaskan bahwa visa untuk ke Arab Saudi tidak dapat di urus sendiri, harus langsung ke kedutaan seperti negara-negara lain. Ia mengatakan dalam pengurusan visa ke Arab Saudi harus di bantu oleh travel agent.

0 Response to "Mengurus Visa Umrah Backpacker di Kedubes Arab Saudi"