Latest News

Paspor Indonesia Hijau dan Dunia 4 Warna

Paspor Indonesia – Mungkin selama ini kita tidak menyadari mengapa paspor Indonesia itu hanya memiliki satu warna saja, yakni berwarna hijau. Lalu, dengan begitu pernahkah Anda terpikir alasan dibalik warna itu. pada saat akan mengunjungi negara lain, hal pertama yang wajib disiapkan itu adalah paspor. Sebab dengan paspor tersebut menjadi identitas dari mana asal kita yang sebenarnya. Paspor merupakan dokumen resmi yang tidak dapat dikeluarkan begitu saja, kecuali pejabat yang berwenang dari suatu negara yang dapat memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan jauh antar negara.

Paspor Indonesia Hijau dan Dunia 4 Warna

Pada umumnya isi dalam paspor adalah biodata bagi si pemegangnya termasuk dengan paspor Indonesia, yang isinya meliputi antara lain foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahirannya, informasi kebangsaan dan terkadang beberapa informasi lainnya yang mengenai identifikasi individual. Adakalanya pula sebuah paspor yang mencantumkan daftar negara yang tidak boleh dimasuki oleh si pemegang paspor itu sendiri.

Sebagai contohnya seperti ini, kalau dahulu itu pemegang paspor Indonesia sempat dilarang untuk berkunjung ke negara Israel dan Taiwan. Dan pada saat itu beberapa negara telah mengeluarkan apa yang disebut dengan e-paspor atau elektronik paspor.

Sedangkan, yang ada pada saat ini dalam bentuk E-Paspor yang merupakan pengembangan dari paspor konvesional pada saat ini di mana pada paspor tersebut telah ditanamkan sebuah chip yag berisikan biodata bagi pemegangnya beserta data biometrik-nya.

Paspor Indonesia berwarna hijau baisanya itu juga digunakan oleh negara-negara Islam. Sebab warna hijau ini masih berkaitan dengan warna kuat dalam agama ini. Indonesia dan negara anggota Masyarakat Ekonomi Afrika Barat seperti Nigeria dan Senegal yang memiliki warna paspor hijau.

Sedangkan warna-warna paspor lainnya dari negara selain Indonesia adalah pasor merah, biasa digunakan oleh anggota Uni Eropa dan negara-negara yang ingin ikut gabung di dalalmnya, seperti Turki. Sedangkan, komunitas Andes seperti Bolivia, Ekuador, Columbia dan Peru yang memiliki paspor berwarna merah ini. Papor Biru, unuk Karabia dan negara komunitas Karibia lainnya jua menggunakan warna biru. Selain negara-negara tersebut, adapun negara lainnya seperti Brazil, Paraguay, Uruguay, Argentina dan Venezuela yang dikenal sebagai Mercosur yang juga menggunakan paspor berwarna biru.

Sedangkan yang terakhir, adalah paspor hitam, negara yag menggunakan paspor warna ini adalah negara seperti Republik Botswana, Selandia Baru dan Zambia. Untuk Selandia Baru itu sendiri, warna hitam memang dianggap sebagai warna nasional negara tersebut.

0 Response to "Paspor Indonesia Hijau dan Dunia 4 Warna"