Latest News

Prosedur Pengurusan Paspor Hilang Saat Travelling

Prosedur Pengurusan Paspor HilangPaspor merupakan dokumen yang sangat penting sekali saat kita berpergian ke luar negeri. Selama seseorang berada di luar negeri, pasporlah yang menggantikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sementara sebagai kartu identitas. Oleh sebab itu, paspor wajib dibawa kemana-mana saat mash berada di negara orang. Sebaiknya, simpanlah paspor dengan baik contohnya simpan di dalam tas agar tidak hilang. Namun, tetap saja kita masih saja sering ceroboh atau lupa dalam menyimpan sesuatu sehingga paspor yang merupakan sebagai identitas penting bagi kita sewaktu-waktu dapat hilang.

Prosedur Pengurusan Paspor Hilang Saat Travelling

Jika memang hal itu dapat terjadi pada saat melakukan travelling  ke luar negeri, jangan sampai Anda merasa panik terlebih dulu, meski sudah ada prosedur pengurusan paspor hilang. Cobalah mengingat-ingat kembali di mana Anda meletakkan paspor tersebut. mungkin saja terselip, benda yang bentuknya ini serupa dengan buku saku kecil ini pasti akan terlihat. Lain halnya kalau memang paspor tersebut benar-benar hilang karena Anda meletakkannya di dalam tas dan saat pergi ke luar kecopetan, hal yang sebaiknya dapat dilakukan adalah melapor polisi terdekat.

Negara lain yang dikunjungi ini pastinya memiliki kantor polisi yang dapat membantu untuk menemukan paspor tersebut kembali. Adapun prosedur pengurusan paspor hilang. Laporkan atas kehilangan paspor tersebut dan biasanya itu Anda akan diberikan formulir isian tentang data diri lengkap untuk diisi. Kemudian, ceritakan kronologi saat kejadian kehilangan paspor tersebut. selanjutnya, serahkan semuanya kepada pihak polisi setempat untuk dapat membantu menemukannya.

Adapun cara lain, dengan menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Salah satu fungsi kedubes ini ialah melindungi warga negaranya yang mungkin sedang berada di negara lain. Pada saat kehilangan paspor, disarankan agar lebih dulu menghubungi KBRI saat masih berada di Kantor Polisi agar pihak kedubes lebih percaya dan biarkan polisi setempat yang memberikan penjelasan lebih jelas.

Kemudian, Anda akan mendapatkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) untuk sementara sebagai pengganti paspor Anda yang telah hilang. Untuk mendapatkan SPLP itu, Anda harus menyiapkan dokumen berikut:

1.KTP, Akta Kelahiran, Buku Nikah atau KK
2.Surat keterangan hilang dari kepolisian
3.Fotocopy paspor (jika ada)
4.Formulir permohonan SPLP yang telah dilengkapi dan ditandatangani
5.Pas foto ukuran paspor dengan latar belakang warna terang
6.Membayar biaya SPLP

Setelah seluruh persyaratan yang ditentukan diatas itu telah lengkap, bawa dokumen tersebut ke KBRI setempat dan tunggu saja proses pembuatannya. Mengenai masalah waktu pembuatan tergantung dari KBRI itu sendiri sebagai yang bersangkutan.

Jangan lupa juga untuk melapor diri, tindakan ini dilakukan sebelum terjadi kehilangan paspor saat Anda sedang travelling di negara lain. Pada saat Anda baru tiba di negara tujuan, alangkah baiknya untuk melapor dahulu ke KBRI di negara tersebut. terlebih jika kunjungan di negara ini memakan waktu yang lebih lama lagi dari satu minggu. Untuk dapat melakukan pelaporan ke KBRI, Anda cukup hanya dengan menunjukkan paspor dan dua buah foto Anda yang berukuran pasor dengan menggunakan latar belakang warna terang.

Anda juga wajib mengisi formulir dari KBRI. Dari pihak KBRI pasti akan memberikan cap di paspor sebagai tanda bahwa sudah melapor diri ke KBRI. Tentunya, melakukan hal itu banyak manfaatnya, diantaranya mempercepat proses penerbitan SPLP dan jika sewaktu-waktu terjadi musibah, KBRI mudah sekali untuk menghubungi keluarga Anda di Tanah air.

Setelah Anda tiba kembali ke Tanah air, jangan sampai lupa untuk segera melaporkan kehilangan paspor ke kantor imigrasi setempat. Tujuannya itu agar paspor Anda bisa langsung diganti.

Sementara itu, berpergian ke luar negeri, sebenarnya bukan tanpa risiko tapi sebaliknya. Kejadian kriminal atau kejahatan lainnya dapat terjadi dimana saja, termasuk sat kita sedang berpergian jauh ke luar negeri. Alangkah baiknya, Anda  memiliki asuransi perjalanan yang memiliki fungsi untuk melindungi kita dan keluarga kita dari kecelakaan saat masih dalam perjalanan.

Namun tidah hanya itu saja, hal-hal yang mungkin masih dianggap persoalan kecil tapi cukup sering terjadi, seperti kerusakan dan kehilangan koper dan lain sebagainya. Paspor yang hilang dan memerlukan biaya tentu saja akan diganti oleh pihak asuransi terkait. Oleh sebab itu, pilihlah asuransi perjalanan yang terbaik yang juga dapat menunjang perjalanan Anda dan keluarga.

0 Response to "Prosedur Pengurusan Paspor Hilang Saat Travelling"