Latest News

Kenaikan Biaya Adminstrasi Visa Umrah

Administrasi visa umrah, Asosiasi Penyelenggara Haji, Umroh dan In-Bound Indonesia (Asphurindo) menilai atas kenaikan dua kali lipat biaya administrasi visa umrah yang menjadi 30 dolar AS pastinya akan menjadi persoalan baru bagi umrah Indonesia. Dari Ketua Umum Asphurindo yakni Syam Resfiadi mengatakan, Informasi yang saya peroleh dari rekanan yang ada di luar Indonesia, Negara tetangga tidak ada isu seperti itu. Tapi jika berita tersebut benar adanya, walau bagaimana pun tetap harus dicari jalan keluarnya agar membuat masyarakat tetap tenang,” tanggapnya.

Kenaikan Biaya Adminstrasi Visa Umrah

Menurut Syam, jika benar ada kenaikan biaya administrasi visa umrah ini tentunya akan menjadi sebuah persoalan baru dalam pengurusan perjalanan ibadah umrah. Apalagi dengan masyarakat yang tentunya dapat beribadah ke Tanah Suci dengan biaya yang terjangkau. Sehingga dengan jika nantinya ada kenaikan biaya administrasi visa pastinya akan menimbulkan rasa kekhawatiran akan kenaikan harga paket umrah.

Bila adanya kenaikan biaya administarasi visa haji sudah menjadi aturan dan ketentuan maka yang terjadi seluruh Travel harus menyesuaikan diri dengan harga tersebut.

Sementara itu, salah seorang Pengamat haji dan umrah Indonesia yakni Ade Marfuddin menilai, bahwa pemerintah serta provider visa yang terkait harus bertindak untuk melakukan negosiasi harga agar administrasi visa tidak dikenakkan biaya dengan nilai yang tinggi. pemerintah dan asosiasi harus melakukan negosiasi dengan kedutaan.
                   
Berapa besar biaya yang sebenarnya, saat ini kan sudah ada provider visa, dimana provider yang nantinya akan melakukan nego berapa biaya administrasinya.

Jika itu memang benar ada peningkatan biaya administrasi visa umrah, maka seharusnya tidak naik sebesar itu. Apalagi kalau sampe dinilai dapat mempengaruhi keuntungan bisnis travel, biaya ini dapat dibebankan kepada paket-paket umrah.

Pada awal tahun 2000-an menurut data yang ada menyatakan bahwa biaya pengurusan visa umah gratis, namun di kemudian hari berbayar. Pada tahun 2016 ada biaya tambahan dalam pengurusan umrah pada tahun, 2017-2018, disebutkan bahwa akan adanya biaya tambahan pengurusan visa naik hingga dua kali lipat, menjadi sebesar 30 dolar AS untuk per visa umrah.

0 Response to "Kenaikan Biaya Adminstrasi Visa Umrah"