Latest News

Mal Pelayanan Publik Bisa Urus Paspor hingga Surat Tanah

Urus paspor di Mal, Gubernur DKI Jakarta yakni Djarot Saiful Hidayat bersama dengan sejumlah menteri Kabinet telah meresmikan Mal Pelayanan Publik. Mal ini nantinya akan melayani sebanyak 328 layanan dari lembaga dan kementerian. Peresmian yang dilakukan di Mal Pelayanan Publik di Jalan HR Rasuna Said Kav. C-22, Setiabudi, Jakarta Selatan. Dan dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly, MenPAN RB yakni Asman Abnur, beserta  Menteri Agraria dan Tata Ruang yakni Sofyan Djalil, dan pejabat dari berbagai lembaga dan kementerian yang terkait. Dalam hal ini warga dapat memanfaatkan mal tersebut untuk mengurus paspor hingga surat tanah. “Sebanyak 300-an layanan yang ada di mal yang dibangun atas provokator dari MenPAN RB. Kami juga mengharapkan mal yang seperti ini bisa bertambah terus hingga masyarakat bisa diberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Mal Pelayanan Publik Bisa Urus Paspor hingga Surat Tanah

Untuk urus paspor di Mal Pelayanan Publik, selainnya bisa ngurus surat tanah. Gedungnya berlokasi di sebelah Gedung Nyi Ageng Serang. Pada Gedung ini dipugar kembali oleh Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI dan bentuk gedung ini dijadikan lebih modern lagi. Mal Pelayanan Publik ini dibuat didalam  gedung bertingkat 12 lantai, yang teridiri atas 3 lokasi pelayanan dan 8 lokasi back office. Sedangkan, untuk di lantai 1-2  lokasi layanan publik Pemprov DKI, lantai 3 untuk pelayanan publik kemeterian maupun lembaga dan untuk lantai 4 dan seterusnya back office.

Adapun dari Ditjen Imigrasi, Ditjen AHU, BKPM, Kanwil BPN, Bank DKI, Polda Metro, PLN, Dirjen Pajak, BPRD, Dirjen Bea Cukai, Jasa Raharja, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Dinas Dukcapil DKI, itu semua akan melayani semua warga di mal ini. Dengan begitu warga dapat mengurus berbagai macam surat seperti pengurusan pajak, surat tanah, mutasi STNK dan membuat paspor baru, dapat dilayani di mal tersebut. kini warga bisa urus paspor di mal dan urus surat lainnya.

Djarot sangat berharap Mal Pelayanan Publik dapat dibangun di berbagai daerah lainnya. ia menuturkan Jakarta nantinya akan menjadi wilayah percontohan yang bisa menerapkan layanan terpadu bagi masyarakat luas dengan cara mudah dan cepat.

“Untuk perubahan mental dalam melayani masyarakat memang sudah harus dirubah dari Jakarta dulu. Kalau sudah berubah, Insya Allah semua daerah yang ada akan berubah,” ucapnya.

Djarot juga menjelaskan, bahwa Pemprov DKI akan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, ia menyebut akan mengadakan layanan antar pengurusan surat bagi warga yang dengan menggunakan motor agar lebih dimudahkan. Nanti tidak aka nada pungli (pungutan liar) lagi karena sudah terbuka dan cashless semua.

Sementara itu, MenPAN RB yakni Asman Abnur juga mengharapkan untuk kedepannya lagi akan ada banyak Mal Pelayanan Publik lainnya yang akan dibangun di berbgai daerah lainnya. Dirinya juga akan mencoba untuk mengusulkan agar mal tersebut dapat melayani semua kebutuhan warga yang masih berkaitan dengan soal perizinan.

“Hal itu bisa menjadi model se-Indonesia, kalau sudah banyak. Nantinya untuk urusan imigrasi tidak bisa di selesaikan di sini, surat nikah juga akan kami usulkan. Jadi, adanya terobosan ini akan terus kita lakukan,” ungkapnya.

0 Response to "Mal Pelayanan Publik Bisa Urus Paspor hingga Surat Tanah"