Latest News

Minibus Layani Pembuatan Paspor di Banda Aceh

Minibus Pembuatan paspor, Paspor adalah dokumen resmi yang wajib dimiliki oleh seseorang sebagai syarat untuk berpergian ke luar negeri, mengurus paspor dikatakan mudah-mudah sulit. Karena harus melalui sejumlah tahapan seperti mengisi formulir, melengkapi identitas, pengambilan gambar (foto), wawancara, diverifikasi data hingga membayar biaya pembuatan di bank pun, wajib dipenuhi oleh seseorang hanya demi mendapatkan benda serbaguna itu.

Minibus Layani Pembuatan Paspor di Banda Aceh

Tapi hal itu dulu, pada pengurusan paspor saat ini sudah tidak seribet yang kamu bayangkan. Sebab biaya untuk pembuatan paspor yang sekarang ini sudah bisa disetorkan langsung di minibus, dimana minibus pembuatan paspor ini bernama Mobile Unit Pos Pay. Sudah lebih mudah kan?

Unit layanan yang telah diluncurkan oleh Kantor Pos Indonesia, Banda Aceh, ini memang dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam pembuatan paspor baru. Minibus pembuatan paspor itu diparkir di halaman Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh, yang terletak di Jalan Tgk M Daud Beureuh Nomor 82, Beurawe, Banda Aceh.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi I Banda Aceh yakni Zulkifli. Dia mengatakan bahwa sejak beroperasi pada Senn kemarin, 23 Oktober 2017, mobile unit Pos telah melayani ratusan masyarakat dalam pengurusan paspor. “Adanya pelayanan ini, seluruh masayarakat sangat antusias sekali. Pada hari pertama saja, sudah ada ratusan orang yang menggunakan jasa tersebut,” ungkapnya.

Dia menuturkan, bahwa biasanya setelah mereka selesai tahap wawancara, masyarakat langsung membayar biaya pembuatan paspor dengan melalui bank atau Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang berada jauh dari kantor tersebut. Namun, kini setelah tersedianya mobile unit Pos ini, waktunya bisa lebih efisien lagi.

“Setelah usai didalam kantor, keluar dari pintu imigrasi  mereka bisa langsung bayar biaya pembuatan paspor di mobil pos yang di parkir di halaman kami,” jelasnya.

Zulkifli juga menambahkan, bahwa tarif yang dikenakkan untuk pembuatan paspor melalui mobile unit pos persis dengan jumlah yang harus dibayar di bank atau ATM. Masyarakat hanya cukup dengan membayar Rp 335 ribu tanpa ada biaya tambahan, setelah proses itu sudah selesai, selanjutnya masih menunggu selama tiga hari untuk dapat diverifikasi datanya oleh kantor pusat.

Kepala Kantor Banda Aceh yakni Ahmad Saladin menjelaskan, mobile unit Pos ini tidak hanya saja melayani pembayaran biaya paspor, tapi juga pengiriman paspor ke amalat rumah yang ada di seluruh Aceh dan Indonesia.

“Cukup dengan menunggu dirumah saja, kami akan mengantarkan langsung paspornya ke alamat pemohon,” imbuhnya. Sambil menyebutkan bahwa unit itu juga dapat melayani pembayaran rekening listrik, PDAM, isi pulsa, dan cicilan kartu kredit.


Namun, adapun biaya pengiriman paspor ke alamat pemohon dengan jumlah yang relative murah. Untuk dapat memperoleh pelayanan tersebut, pemohon terlebih dulu untuk menandatangani surat kuasa yang bermaterai 6 ribu, yang juga dilengkapi dengan nomor paspor dan alamat paspor. 

“Menggunakan cara itu keuntungannya lebih efisen waktu dan biaya. Karena pemohon tidak perlu lagi untuk datang ke kantor imigrasi untuk ambil paspor,” terangnya.

Dikatakannya bahwa, untuk biaya pengiriman paspor ke Kabupaten pidie sebesar Rp 23 ribu, sedangkan unruk wilayah Aceh Besar Rp 11 ribu. Paspor yang dibuat baru akan dikirimkan ke pemohon pada hari yang sama saat dokumen resmi itu telah dikeluarkan oleh pihak imigrasi.

“Meskipun Banda Aceh, Aceh besar, Pidie dan Pidie Jaya dibawahi oleh Kantor Imigrasi I, kami akan tetap memberikan pelayanan pengiriman paspor ke luar kota maupun provinsi.” Tutupnya.

0 Response to "Minibus Layani Pembuatan Paspor di Banda Aceh"