Latest News

2.200 Paspor Haji Asal Medan Sudah Selesai

Paspor haji asal Medan sudah Selesai, paspor haji yang akan digunakan oleh calon jamaah asal Medan sudah selesai hingga mencapai 2.200 paspor. Sisanya, masih dalam proses pengurusan. Dan ditengat agar paspor haji telah selesai pada 5 Mei 2017. Hal tersebut dijelaskan oleh Kasi Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Medan yakni Ahmad Qosbi.


2.200 Paspor Haji Asal Medan Sudah Selesai


Selain itu juga, Qosbi memaparkan bahwa, Paspor haji asal Medan sudah selesai dengan jumlah sebanyak 1.852 dari 2.473 Calon Haji (Calhaj) Medan sudah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) pada tahap pertama. Sudah dilakukan sejak pelunasan BPIH tahap pertama dibuka pada 10 April 2017, Calhaj yang porsinya sudah keluar untuk berangkat di tahun ini, terus berdatangan hanya untuk melunasi BPIH

“Memang sudah sejak 2 tahun lalu, saat BPIH sudah menggunakan rupiah, kini terjadi perubahan trend, yakni Calhaj langsung melakukan pelunasan BPIH sehingga paspor haji asal Medan sudah selesai. Berbeda saat BPIH masih memakai dollar, masyarakat selalu menunggu nilai tukar dollar turun, baru mereka melakukan pelunasan,” ujar Qosbi.

Qosbi juga mengatakan, untuk pelunasan BPIH pada tahap pertama, akan terus berlanjut hingga 5 Mei 2017 mendatang. Apabila hingga batas waktu yang sudah ditentukan itu tidak juga melakukan pelunasan, maka Calhaj akan kembali ke daftar tunggu berikutnya, berangkat tahun depan. Ada 2.200 paspor haji asal Medan sudah selesai. Oleh karena itu, jika pelunasan tidak terlaksana karena adanya gangguan sistem, pelunasan masih bisa dilakukan di tahap kedua, pada 22 Mei 2017 hingga 2 Juni 2017.”Untuk pelunasan pada tahap 2 sebenarnya hanya untuk mereka yang sudah pernah Haji, namun nomor porsinya keluar untuk berangkat pada tahun ini. Begitu juga bagi para pendamping Lansia dan penggabungan antara suami dan isteri ataupun orangtua dan anak,” tambahnya.

Sedangkan soal Calhaj yang porsinya sudah keluar namun tidak melakukan pelunasan BPIH, Qosbi menuturkan, calhaj tersebut harus membuat surat pernyataan tunda berangkat. “Untuk sejauh ini sudah ada 4 Calhaj yang menunda keberangkatan dengan beberapa alasan yang mereka paparkan, di antaranya tidak dapat izin, tidak ada mahram, sedang berada di luar negeri dan berbagai alasan lainnya,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Bidang PHU pada Kanwil Kemenag Sumut yakni Eri Nofa mengatakan bahwa, untuk tahun ini Embarkasi Medan akan diisi sebanyak 21 Kloter+208 Calhaj. Setiap Kloternya itu, diisi 393 Calhaj. Untuk 21 Kloter itu, akan diberangkatkan dari Embarkasi Medan. Sementara untuk 208 Calhaj lainnya akan diberangkatkan dari Embarkasi yang terdekat.

0 Response to "2.200 Paspor Haji Asal Medan Sudah Selesai "