Latest News

Calon Haji Makassar Keluhkan Biaya Paspor Rp370 Ribu

Calon haji Makassar keluhkan biaya paspor R370 ribu. Sejumlah calon jamaah haji (Calhaj) Kota Makassar 1437/2017 sedang mengeluhkan mengenai biaya pembuatan paspor yang dibebankan kepadanya itu. Karena yang mereka tahu bahwa biaya paspor sudah termasuk dalam rincian biaya haji yang sudah dibayarkan pada sebelumnya. Berarti seharusnya sudah tidak ada lagi pengeluaran untuk biaya paspor.


Calon Haji Makassar Keluhkan Biaya Paspor Rp370 Ribu


Biaya pengurusan paspor yang dipungut biaya oleh panitia penyelenggara haji Makassar di Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar. Padahal biaya paspor sudah termasuk dengan biaya haji, Mereka para calon haji Makassar keluhkan biaya paspor Rp370 ribu.

“Kenapa kami disuruh untuk membayar lagi untuk biaya paspor?. kami kira semua biaya haji sudah termasuk dalam pengurusan paspor,” jelas Aminah. Calon haji Makassar keluhkan biaya paspor R370 ribu. Kami menginginkan penjelasan langsung dari panitia haji, kenapa ada lagi pembiayaan paspor sebesar Rp370 ribu?. Kalau memang sudah ada aturannya, jangankan segitu, Rp10 juta pun akan kami bayar,” ujarnya. 

Beberapa calhaj yang lainnya juga sementara menanggapi soal pengurusan paspor di Kantor Imigrasi juga berpendapat yang serupa dengan Aminah. Mereka mengeluhkan pungutan biaya paspor yang dibebankan kepada mereka.

“Iya benar, kenapa kami disuruh untuk bayar lagi paspor sebesar Rp370 ribu. Saya kira ongkos haji itu sudah termasuk biaya pengurusan paspor. Dua tahun yang lalu, bapak dan ibu saya tidak ada yang terjadi hal seperti ini, tidak ada lagi yang namanya biaya paspor,” kata calhaj yang namanya tidak ingin disebutkan.

Kepala Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Makassar yakni, H Mahyuddin yang dikonfirmasi terkait hal tersebut mengakui bahwa adanya biaya paspor untuk calhaj pada tahun ini.

“Iya memang benar bahwa ada biaya paspor, tapi hanya sebesar Rp350, bukan senilai Rp370 ribu. Memang ada juga biaya untuk cover/sampul paspor hanya Rp20 ribu,” terang Mahyuddin.

Dijelaskan Mahyuddin, untuk biaya paspor haji memang sudah ditanggung seluruhnya. Hanya saja, kata dia, karena masih ada anggaran penyelenggaraan haji yang belum turun. Sehingga kita memungut biaya paspor kepada setiap calon haji di Makassar ini.

“Akan kami pastikan biaya tersebut akan dikembalikan. Semua biaya paspor setiap calon haji, kita akan kembalikan pada saat karantina di Asrama Haji,” jelasnya.

“Kita akan kembalikan biaya paspor bersamaan dengan uang living cost. Jadi nanti itu akan ada dua amplop yang kita berikan kepada setiap calhaj, yaitu uang biaya paspor dan uang living cost,” ujar Mahyuddin.

0 Response to "Calon Haji Makassar Keluhkan Biaya Paspor Rp370 Ribu"