Latest News

Paspor Haji Warga Banyuwangi Diserahkan ke Kemenag

Paspor Haji Warga Banyuwangi Diserahkan ke Kemenag. Unit Pelayanan Paspor (ULP) Banyuwangi, yang merupakan perwakilan Kantor Imigrasi Kelas II Jember telah menyerahkan paspor haji kepada Kementrian Agama (Kemenag) setempat. Penyerahan ini dilakukan semata-mata hanya untuk mengantisipasi agar paspor tidak hilang atau jatuh ke tangan orang lain yang tidak bertanggung jawab bahkan bisa memanfaatkan paspornya tersebut.




"Kami tidak langsung serahkan kepada pemohon paspor. Paspor Haji Warga Banyuwangi Diserahkan ke Kemenag. Karena di khawatir hilang dan ditemukan oleh orang lain dan dapat digunakan yang tidak-tidak. Kami serahkan saja ke Kemenag Banyuwangi," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Jember yakni Rudiara Rahmat Kosasih, usai penyerahan paspor itu kepada Kepala Kemenag Banyuwangi, yang didampingi oleh Kasi Lalu Lintas Imigrasi, Umardani.

Untuk tahap awal ini, terang Rudiara, telah menyerahkan 145 paspor jemaah haji. Selanjutnya akan dilakukan dengan menggunakan cara bertahap, sesuai dengan pengurusan paspor yang dilakukan secara bergelombang. Dengan melakukan cara yang seperti itu akan mengurangi antrean dan kekeliruan juga kekacauan. Paspor Haji Warga Banyuwangi Diserahkan ke Kemenag.

"Semua yang dilakukan Ini akan terus berlanjut hingga memenuhi jemaah haji sesuai dengan kuota yang akan berangkat ke tanah suci," jelas Rudiara. 

Dia meneragkankan pihaknya memprioritaskan calon jemaah haji berusia lanjut dalam pengurusan paspor haji. "Kita akan prioritaskan bagi CJH yang sudah lanjut usia (lansia) dan yang dalam keadaan sakit," tegasnya.

Sementara untuk jumlah calon jemaah haji yang akan berangkat dari Banyuwangi kini kembali mendapatkan tambahan. Sebelumnya kuota haji Banyuwangi sudah dipatok sekitar 1.220 orang. Namun ada Kemenag Banyuwangi kembali mendapat tambahan kuota yang mejadi berjumlah 1.304 calon jemaah. 

"Pada saat sebelumnya kuota haji Banyuwangi ada sebanyak 921 jemaah. Kembali naik lagi 1.220 jemaah. Dan saat ini kini meningkat menjadi 1.304 jemaah yang akan berangkat," terang Selamet yang merupakan Kepala Kemenag Banyuwangi.

Dengan berjalannya waktu pengurusan paspor haji di ULP Ketapang, jelas Selamet, dilakukan secara bergelombang di setiap hari libur Sabtu dan Minggu. Pada masing-masing gelombang berjumlah sekitar 100 jemaah haji yang akan melakukan pengurusan paspor. "Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan dapat dilayani secara cepat di hari libur," tambahnya.

0 Response to "Paspor Haji Warga Banyuwangi Diserahkan ke Kemenag"