Latest News

67 Paspor Calhaj Rembang Belum Beres

67 paspor Rembang belum beres, Paspor sangatlah penting untuk berpergian ke luar negeri, terutama yang dibutuhkan untuk saat ini oleh calon jamaah haji (calhaj) agar bisa berangkat ke tanah suci untuk ibadah. Adapun syarat yang harus dilengkapi dalam proses permohonan pembuatan paspor, jika tidak lengkap tidak akan di proses lebih lanjut. Ada sebanyak 67 paspor milik calhaj asal Kabupaten Rembang hingga saat ini masih belum beres karena terjadi kendala. Seluruh paspor calhaj yang belum jadi tersebut masih dalam proses penyelesaian di Kantor Imigrasi Jateng Wilayah Pati.


67 Paspor Calhaj Rembang Belum Beres


Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Rembang yakni, Shalehudin menjelaskan, ada 67 paspor calhaj Rembang belum beres karena ada kendala pada persyaratan berkas. 67 calhaj tersebut telat dalam menyerahkan persyaratan untuk pembuatan paspor khusus haji. “Untuk saat ini paspor yang sudah jadi baru berjumlah 650 calhaj. 67 calhaj lainnya masih harus menunggu, sedangkan untuk 70 calhaj yang lainnya tidak perlu lagi dibuatkan karena mereka sudah memiliki paspor yang masih berlaku dan dapat digunakan kembali,” jelas Shalehudin.

Meskipun agak sedikit bermasalah dalam hal ini, namun Shalehudin menjamin kepada calhaj bahwa paspor-paspor milik 67 calhaj Rembang belum beres, baru akan segera dijadikan pada waktunya. Sehingga jika tiba waktunya keberangkatan, para calhaj tersebut tidak akan sampai mengalami kendala yang dapat menghambat.

Masih terkait dengan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), untuk saat ini sudah ada 485 calhaj yang sudah melakukan pelunasan BPIH. Sehingga, jika melihat kembali pada data awal yang masih ada 336 calhaj yang hingga kini masih juga belum melakukan pelunasan BPIH. “Biaya BPIH ditanggung sementara oleh masing-masing calhaj dengan nilai sebesar Rp 360 ribu. Biaya itu akan kami ganti pada saat calhaj masuk ke Donohudan sebelum pemberangkatan mendatang,” terang dia.

Waktu pelunasan BPIH untuk tahun ini sudah ditentukan oleh pemerintah yakni sudah di mulai pada 10 April sampai 5 Mei mendatang. Kabupaten Rembang memiliki jatah keberangkatan haji dari Kemenag dengan jumlah sebanyak 853 calhaj. Rinciannya yaitu, 821 merupakan calhaj utama sedangkan 32 yang lainnya itu adalah calhaj cadangan.

0 Response to "67 Paspor Calhaj Rembang Belum Beres"