Latest News

Penerbitan Paspor Diperketat Demi WNI

Penerbitan paspor diperketat demi WNI. Kendati dengan adanya syarat pengajuan dalam pembuatan paspor yang harus disertai dengan adanya bukti kepemilikan tabungan di rekening bank yang senilai Rp 25 juta yang sudah dibatalkan, namun dari pihak Kantor Imigrasi tetap akan memberlakukan memperketat penerbitan paspor untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan pergi ke luar negeri. Kebijakan penerbitan paspor diperketat demi WNI akan tetap diambil guna memberikan perlindungan kepada WNI setelah berada di luar negeri.


Penerbitan Paspor Diperketat Demi WNI


"Walau bagaimapun kondisinya, kami akan terus melakukan pengetatan atas perizinan paspor ini, penerbitan paspor diperketat demi WNI sebenarnya semua ini dilakukan hanya untuk kepentingan perlindungan WNI itu sendiri, pada saat WNI berada di luar negeri. Kami akan melakukan kebijakan tersebut  untuk mengantisipasi adanya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) non-prosedural yang tanpa melalui adanya proses dan rekomendasi langsung dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) ini," terang Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta Didik Heru Praseno Adi.

Dalam penerbitan paspor, sebelumnya Ditjen Imigrasi sudah memberlakukan adanya aturan baru yakni bagi pemohon paspor harus mempunyai deposit/tabungan sebesar Rp 25 juta. Namun dengan adanya peraturan seperti itu akhirnya mendapat respon penolakan karena mendapat reaksi dan penolakan dari berbagai kalangan yang menolak adanya aturan deposit/tabungan sebesar Rp25 juta, sehingga aturan tersebut kemudian dicabut. Namun, penerbitan paspor diperketat demi WNI.

"Sebenarnya dengan adanya pemberlakuan bukti tabungan sebesar Rp 25 juta itu tidak diberlakukan kepada semua pemohon paspor. Aturan itu hanya diberlakukan bagi para pemohon paspor yang memang dicurigai akan membuat paspor dengan tujuan wisata tapi kemudian digunakan untuk tujuan bekerja atau melakukan hal-hal yang tidak diinginkan," tutur Didik Heru.

Untuk saat ini penerbitan paspor bagi warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) proses dan prosedurnya sama dengan aturan yang sudah berjalan seperti dahulu. "Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon paspor. Syarat formal itu  yang harus dipenuhi ialah kartu tanda penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Lahir, Surat Nikah maupun Ijazah. Hanya Itu saja persyaratan yang harus di lengkapi oleh pemohon paspor," tandas Didik.

0 Response to "Penerbitan Paspor Diperketat Demi WNI"