Latest News

Pembuatan Paspor Online Diberhentikan Sementara

Paspor merupakan salah satu dokumen penting yang harus dibawa ketika melakukan perjalanan ke luar negeri, terutama saat akan menunaikan ibadah haji dan umroh. Saat ini sudah banyak cara mudah untuk pemohonan pembuatan paspor.  Salah satunya ialah dengan membuat paspor dengan cara online. Namun cara tersebut, harus antre panjang dan lama, sehingga pembuatan paspor online diberhentikan sementara.


Pembuatan Paspor Online Diberhentikan Sementara


Pembuatan paspor online yang telah berlangsung di kantor imigrasi terjadi pemberhentian sementara oleh Kantor Imigrasi pusat, karena sedang adanya perbaikan server. Selain itu juga, Proses pembuatan paspor online diberhetikan sementara untuk kurangi antrean yang terjadi di imigrasi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat yakni, Susy Susilawati, mengaku adanya pemberhentian sementara tersebut untuk melakukan peningkatan pelayanan publik serta mengurangi antrean yang terjadi di kantor imigrasi Bandung yang luar biasa antreannya hingga mencapai 350-400 antrean. Sehingga berlangsungnya pembuatan paspor online diberhentikan sementara.

"Jika dilihat dari aduan yang diterima berarti memang harus segera melakukan pembenahan terutama terkait dengan antrean pelayanan paspor yang terjadi," jelas Susy.

Antrean yang sering terjadi dengan panjang dan waktu yang lama, lanjut Susy, selalu dilayani sesuai dengan nomor antrean yang didapat, mulai pukul 07.30 hingga 10.00 WIB. "Tapi kan masyarakat suka ada yang ingin lebih dulu dan minta didahulukan, padahal sama saja tetap akan kami layani hingga pukul 10.00 WIB. Jadi, ketika melebihi waktu yang telah ditentukan berarti menjadi besok lanjut layaninya," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Jabar yakni, Ridwan Kamil juga menegaskan bahwa Pemerintah kota (pemkot) Bandung siap untuk membantu Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dalam hal aplikasi. Ia juga sempat menyebut bahwa, sering sekali mendapatkan laporan pula terkait dengan antrean di imigrasi yang panjang dan lama.

"Kami akan memberi cara minimal dari sisi antrean dengan cara perbaiki sistem onlinenya yang masih ada masalah. Sehingga orang-orang tidak perlu lagi antre secara fisik hingga ambil cuti sehari," ujarnya.

0 Response to "Pembuatan Paspor Online Diberhentikan Sementara "