Latest News

Imigrasi Cabut Aturan Paspor Rp 25 Juta Asista Sambut Baik

Imigrasi Cabut Aturan Paspor Rp 25 Juta Asista Sambut Baik. Ketua Association of Indonesia Tours and Travel Agencies (Asista) sangat berbahagia, karena proses dalam pembuatan paspor tidak lagi rumit seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya. Hal ini dia sampaikan setelah pihak dari imigrasi telah mencabut kembali aturan tersebut yakni permohonan paspor yang mensyaratkan harus memiliki tabungan Rp 25 juta.





Sejak adanya peraturan seperti itu memang sangat memberatkan bagi para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri. Sehingga imigrasi cabut aturan paspor Rp25 juta asista sambut baik. Apalagi angka WNI yang ingin bekerja ataupun liburan di luar negeri semakin tinggi.

Geliat WNI pergi ke luar negeri, yakni sebesar orang kayanya di Indonesia sekitar 40 persen. Imigrasi cabut aturan paspor Rp25 juta asista sambut baik. Kalau orang Indonesia sudah pada kaya, maka akan lebih sering untuk berkunjung ke luar negeri.

Yang kaya-kaya tersebut bukan mau cari kerja. Melainkan yang cari kerja itu middle low. Ini orang yang cari kerja di luar negeri dengan alasan karena pendapatannya kurang di dalam negeri dan orang kaya minimal dua kali dalam setahun dan itu tidak bisa di halangi.

Sementara itu, berdasarkan pada data dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk kunjungan wisatawan, setidaknya di Tahun 2015 ada sebanyak 986.339 yang sudah melakukan plesiran ke luar negeri. Sedangkan di Tahun 2016 sebanyak 1.113.328.

Dengan adanya pencabutan aturan baru permohonan paspor yang mensyaratkan harus memiliki tabungan sebesar Rp 25 juta. Alasannya karena tidak diterima oleh masyarakat. Dicabutnya aturan itu juga untuk melindungi calon TKI.

Aturan tersebut sengaja dibuat untuk kepentingan pihaknya dalam rangka menyeleksi pada tiap pemohon paspor saat proses wawancara. Lebih khususnya lagi bagi para calon TKI.

Berbagai macam modus yang dilakukan oleh para calon TKI agar lolos bekerja ke luar negeri, khususnya daerah Timur Tengah. Mereka diberikan penjelasan dengan detail oleh para agen penyalur tenaga kerja agar dapat lolos didalam wawancara penerbitan paspor.

Oleh sebab itu, Imigrasi lebih memperketat aturan permohonan paspor tersebut, khususnya bagi mereka yang sudah dicurigai oleh petugas akan menjadi tenaga kerja di luar negeri.

0 Response to "Imigrasi Cabut Aturan Paspor Rp 25 Juta Asista Sambut Baik"